Tahfidz al-quran menjadi salah satu program unggulan di SMPIT Insan Kamil Kaur, hal ini sejalan dengan visi dan misi SMPIT Insan Kamil Kaur. Dimana setiap siswa siswi yang masuk di SMPIT Insan Kamil Kaur diharapkan mampu menghfal minimal 2 juz al-quran. Program tahfidz di SMPIT Insan Kamil Kaur masuk kedalam jadwal mata pelajaran. Program tahfidz ini dilaksanakan di pagi hari.

Salah satu alasan pembelajaran tahfidz di ambil di pagi hari dikarenakan pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menghafal dan berinteraksi dengan al-quran. Dalam kegiatannya program tahfidz ini anak anak di bagi kelompok kecil dan akan di bimbing oleh satu guru tahfidznya, hal ini akan lebih memudahkan guru mengontrol dan meyimak murojaah hafalan siswa dan siswi dibanding dilaksanakan perkelas.

suasan murojaah hafalan quran

Dalam pembelajaran tahfidz siswa siswi SMPIT Insan Kamil Kaur memiliki target hafalan dalam setiap semester, hal ini berguna supaya ketika nanti mereka sudah selesai dari SMPIT Insan Kamil Kaur targetan hafalan Quran mereka selesai. Setiap pembelajaran tahfidz sebelum mereka menyetorkan hafalan siswa siswa melaksanakan murojaah bersama dengan guru pembimbingnya, hal ini bertujuan supaya hafalan siswa siswi tidak cepat hilang.

Gagal itu, ketika hafalan nggak nambah, tetapi hafalan kacau.

murojaah hafalan

Setelah siswa siswi murojaah bersama dengan guru pembimbingnya, maka siswa siswi dimintak untuk murojaah sendiri kemudian menyetorkan hafalan yang sudah mereka hafalan. Sehingga di setiap pertemuan sisiwa siswi SMPIT Insan Kamil Kaur selalu menambah hafalan mereka, dengan begitu terget hafalan merekea akan cepat tercapai.