Guru memberikan materi pelajaran

Pembelajaran abad 21 merupakan pendekatan dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman yang ditandai dengan kamajuan teknologi dan perubahan sosial yang cepat. Dalam pembelajaran abad 21 peran guru sangat penting, namun peran guru dalam konteks ini hanyalah sebagai fasilitator, penggerak dan mentor bagi para siswanya. Dengan peran yang beragam ini, guru berkontribusi secara signifikan dalam pembelajaran sistem abad 21 yang efektif.

Dalam hal ini guru dituntut untuk menjadi life-long learner kreatif dan inovatif dalam mengoptimalkan teknologi. Para guru dituntut untuk memperluas pengetahuan dengan cara banyak membaca dan berdiskusi. Begitu juga dengan SMPIT Insan Kamil Kaur kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di dalam kelas oleh para guru sudah mulai menerapkan pembelajaran sistem abad 21.


Salah satunya setiap akan memulai pembelajaran guru memberikan sebuah kasus baik berupa gambar, video maupun ilutasi dari sebuah cerita kepada para siswa. Kemudian siswa diminta untuk menyampaikan pendapatnya dari kasus yang sudah di berikan guru kepada mereka. Sehingga pembelajaran tidak terlalu pasif dan siswa menjadi lebih aktif untuk menyampaikan ide ide dan pendapat mereka masing masing. Selain itu demi mewujudkan pembelajaran sistem abad 21 para guru SMPIT Insan kamil kaur sudah mulai membiasakan diri untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi sekarang ini.

Salah satunya setiap memberikan pembelajaran para guru SMPIT Insan Kamil sudah menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Kemudian para guru juga terbiasa memberi soal latihan ataupun quiz dengan menggunakan teknologi yang menyenangkan misal dengan menggunakan quiziz, wordwall dan lain sebagainya. Sehingga para siswa menjadi senang dan lebih aktif dalam pembelajarannya.